APA BEDANYA HOBI DAN PASSION?

Banyak yang belum dapat membedakan antara hobi dan passion. Mengapa ini penting? Karena salah satu di antara akan sangat mempengaruhi dalam upaya mencapai sukses baik di dalam usaha maupun di dalam pekerjaan.

Saya hobi minum kopi, apakah saya akan berhasil apabila buka usaha Coffee?

Saya hobi memancing, apakah saya akan berhasil apabila buka usaha pemancingan dan alat pancing?

Saya hobi jalan-jalan, apakah saya akan berhasil apabila buka usaha tour & travel?

Saya hobi memasak, apakah saya akan berhasil apabila buka usaha kuliner?

Anggapan serupa banyak sekali, bahwa apa yang dirasakan sebagai hobi juga diyakini akan dapat berubah menjadi profesi. Betulkah anggapan tersebut? Lalu apa kaitannya dengan passion? Apa bedanya hobi dan passion? Yang dapat menjadi profession itu hobi atau passion?

Dalam salah satu sesi ‘personal coaching’, seseorang yang mempunyai ide untuk membuka sebuah kafe saya tanya,

“Apa alasan terkuat anda sehingga ingin membuka kafe?”

“Karena saya suka minum kopi pak. Pagi, siang dan malam saya selalu ngopi.”

Memang, ide membuka sebuah kafe karena atas dasar suka minum kopi tidak salah. Namun apabila kita bicara masalah prioritas apa yang akan dijadikan profesi, maka alasan hanya sekedar suka dan hobi harus kita singkirkan terlebih dulu. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah hobi tersebut menjadi passion? Atau adakah passion di dalam hobi tersebut?

Untuk dapat membedakan apa itu hobi dan apa itu passion, mari kita lihat makna keduanya agar anda dapat melakukan refleksi, apakah yang saya lakukan hobi atau passion.

 

Perbedaan Hobi dengan Passion

Hobi.

Hobi merupakan rasa suka terhadap sesuatu dan ketika mengerjakannya menimbulkan rasa senang. Namun di dalam hobi tidak ada target pencapaian. Artinnya, dalam melakukan kegiatan yang disebut hobi, hanya karena senang saja. Bahkan ketika hobi tersebut diberi target pencapaian, malah berangsur-angsur menjadi kegiatan yang ditinggalkan.

Hobi juga mengalami perubahan yang disebabkan beberapa faktor seperti teman dekat, fasilitas dan kesempatan. Contohnya, waktu Sekolah Menengah seseorang punya hobi basket, kemudian waktu kuliah hobinya berubah menjadi berenang, dan kini ia punya hobi minum kopi karena seringnya begadang. Ada juga seorang wanita yang pada waktu muda tidak suka memasak, namun saat menjadi ibu rumah tangga karena kegiatannya di rumah maka ia menjadi suka memasak.

Passion.

Passion adalah gairah atau ketertarikan yang sangat dalam. Atau dapat dikatakan juga sebagai hastrat yang kuat (tidak sekedar suka). Dalam melakukan kegiatan yang di dalamnya ada passion, maka kegiatannya akan termasuk kegiatan yang ‘tidak dapat tidak dilakukan’, atau harus dilakukan karena apabila tidak melakukannya ada yang dirasakan kurang.

Rasa kurang di sini bukan karena kebiasaan, namun karena kompetisi dengan diri sendiri. Ia akan selalu ingin lebih baik melakukannya dari sebelumnya.

Dari dua arti dan makna di atas, anda dapat melihat apakah usaha atau pekerjaan anda didasari atas hobi atau passion?

Kalau hobi hanya mengandung rasa suka. Apabila sudah melakukannya maka akan timbul rasa senang dan puas. Namun kalau passion tidak sekedar suka, namun akan timbul hasrat mencapai yang lebih baik bahkan ia akan belajar lebih banyak agar apa yang dilakukannya memenuhi target kompetisi atas dirinya sendiri.

Nah sekarang, apabila anda ingin membuka sebuah usaha atau pekerjaan saat ini, anda tentu dapat melihat kembali apakah usaha atau pekerjaan anda didasari atas hobi atau passion? Tentu saja, di luar pilihan di atas akan ada pilihan yang mengatakan didasari atas desakan kebutuhan untuk mendapatkan uang. Pilihan terakhir tentu saja di luar pilihan hobi dan passion. Dan di dalam pilihan terakhir ini anda akan sulit mendapatkan rasa “Do what you love” dan harus membiasakan melakukan “Love what you do”.

Selamat menemukan passion anda!