CRITICAL ELEVEN @WORK

By | May 18, 2017

Tulisan ini memang terinspirasi dari film Critical Eleven, namun saya tidak mengulas tentang film tersebut. Yang membuat saya terkesan adalah segmen pertama film tersebut dengan setting pesawat dan memberikan narasi tentang ‘critical eleven’

“Critical Eleven adalah detik-detik menentukan pada saat 3 menit pesawat lepas landas dan 8 menit pesawat akan landing”

Mendengar narasi tersebut, angan saya melayang jauh saat-saat saya mengalaminya selama 23 tahun. Ya, selama 23 tahun saya mengalami saat-saat bahaya tersebut. Bagi crew pesawat saat mau take off dan landing ada istilah ‘one minute silent review’, – satu menit diam untuk memikirkan segala kemungkinan yang terjadi dan aksi apa yang dilakukan terkait dengan situasi tersebut. Ada beberapa kondisi yang mungkin dapat dialami pesawat saat take off dan landing, dan one minute silent review merupakan kondisi meditatif bagi crew untuk nantinya cepat mengambil tindakan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Critical Eleven dapat terjadi di mana saja dalam profesi apa saja. Setidaknya, apa yang kita lakukan akan ditentukan bagaimana kita memulai. Menulis buku misalnya. Pembaca akan meneruskan membaca sebuah buku apabila ia dapat menghabiskan 11 menit pertamanya dengan sangat enjoy. Apabila menit-menit pertama bacaan buku sudah membuat bosan, maka buku tersebut akan diletakkan.

Apa yang kita alami dalam seharian kegiatan pekerjaan juga ditentukan pada saat awal kita membuka mata. 11 menit awal Anda setelah membuka mata diwarnai oleh apa? Kekesalan? Kekecewaan? Kemarahan? Atau keceriaan? Semangat? Kebahagiaan? 11 menit inilah yang akan mewarnai hari Anda saat itu.

Pekerjaan tentu akan menuntut performa yang prima (peak performance) dalam menjalankannya dan tentu saja hal tersebut didukung oleh persiapan-persiapan yang matang. Critical eleven juga demikian. Di dalam pesawat, menit-menit berbahaya harus dilalui setelah persiapan yang matang sebelum itu (pre flight check). Semua elemen di dalam pesawat tidak dapat membiarkan momen critical elevent berdiri sendiri. Elemen petugas teknik akan melakukan cek dari setiap kerja mesin dan komponen teknik lainnya. Elemen pilot akan melakukan cek semua instrumen di kokpit. Elemen cabin crew akan melakukan cek terhadap semua peralatan keselamatan yang ada di dalam kabin pesawat.

Dalam Critical Eleven @work, tentu saja juga harus dilakukan persiapan-persiapan dalam menjalankan pekerjaan. Salah satu persiapan itu adalah selalu menjadi manusia pembelajar dan meningkatkan kemampuan diri dalam bidang yang digeluti. Kadang ini sering dilupakan. Seorang karyawan karena merasa sudah dapat mengerjakan pekerjaannya, ia lupa belajar lagi. Padahal apapun pekerjaan, setiap tahunnya akan mengalami perubahan karena kebutuhan terhadap hasil pekerjaan tersebut juga berubah.

Apakah Anda sudah memanfaatkan momen critical eleven dalam pekerjaan Anda? Ya, saat pertama masuk ruang kerja, saat bertemu rekan kerja, saat bertemu atasan kerja dan saat bertemu kolega-kolega bisnis maupun klien dan customer Anda. Mari pergunakan momen 11 menit tersebut untuk perkembangan karir pekerjaan Anda.

Selamat menikmati momen critical eleven Anda!