MEMBANGUN SEBUAH REPUTASI

By | September 21, 2017

Apapun yang anda kerjakan berkaitan dengan yang satu ini, yaitu REPUTASI! Reputasi akan menentukan seberapa banyak orang mau mendengarkan anda, mau mengikuti anda, dan mau membeli produk anda.

Ketika seorang bertanya kepada saya, “pak Agung mengapa saya susah sekali untuk meningkatkan nilai jual produk saya ya?” Jawaban saya adalah, karena kurangnya Reputasi anda di bidang tersebut.

Lho, iya kan? Bagaimana anda bisa menentukan harga tinggi apabila orang belum mengenal anda, belum tau anda, belum tau apa yang anda kerjakan dan kelebihan anda apa.

Ingin harga anda naik? Ingin nilai jual anda dihargai lebih dari biasanya?

Bangun Reputasi anda!

Namun terkadang banyak yang mengabaikan hal ini dan melakukan penawaran-penawaran terlebih dahulu. Bayangkan, anda belum punya reputasi, pasar juga belum mengenal anda, kredibelitas anda belum teruji, kemudian marketing anda berusaha keras menjual produk anda….. apa yang terjadi? Kalaupun ada yang beli itu pastilah kolega, teman dan keluarga anda!

Sebenarnya Ada hal sederhana yang harus anda lakuan dari awal, baru kemudian anda menikmati bahwa orang akan mencari anda karena reputasi anda tersebut.

Apa yang harus kita lakukan untuk membangun sebuah ‘REPUTASI?’

  1. Personal ‘Branding’
  2. Buktikan ‘Kredibelitas’ anda! – dalam hal ini anda bisa menciptakan kegiatan dan harus diciptakan! Yaitu kegiatan yang berkaitan dengan ‘Branding’ anda tersebut. Kegiatan ini tidak bisa anda tunggu untuk datang, namun harus anda ciptakan.
  3. Edifikasi Pasar – segmen mana target pasar anda? Dalam hal ini anda harus edifikasi pasar secara tepat. Kalau pasar belum tahu anda, anda harus memberikan pembelajaran kepada pasar anda.
  4. Lakukan semua kegiatan itu secara terjadwal dan rutin.

Dan ini adalah rahasianya! Saya berikan kepada anda supaya anda tidak gampang menyerah. Siapapun anda dan apapun bidang yang anda geluti, anda akan bisa menjadi master di bidang anda dan membangun reputasi brilian anda.

Untuk menjadi master di bidang anda, rata-rata seseorang memerlukan waktu selama 10.000 jam!

Darimana angka 10.000 jam ini? Dari konekvisitas jaringan neuron di otak anda. Apapun yang anda lakukan secara terus menerus selama 10.000 jam, anda akan menjadi master dalam bidang anda tersebut.

Kalau kita hitung sederhana, bila dalam satu hari kita melatih kemampuan selama 5 jam, maka dalam 1 minggu kita mendapat 7 x 5 = 35 jam, dalam satu bulan 35 x 4 = 140 jam, dalam satu tahun kita mendapat 140 x 12 = 1680 jam.

Nah, untuk mencapai 10.000 jam anda butuh waktu sekitar 6 tahun! Dengan asumsi anda melatih bidang anda selama 5 jam sehari tanpa libur selama 6 tahun!

Untuk poin nomer satu, ‘Personal Branding’, kita ulas sedikit lagi. Kita harus memulai perubahan dari diri sendiri sehingga bila anda seorang karyawan sebuah perusahaan maka perusahaan anda benar-benar melihat seorang karyawan sebagai asset yang berharga, dan perusahaan tersebut akan bilang, “Apabila mengeluarkan karyawan seperti ini akan merupakan sebuah kerugian yang sangat besar!”

Suatu kali saya berbincang dengan seorang karyawan yang sudah dua puluh tahun bekerja di sebuah perusahaan. Ia sedang gusar akan adanya para karyawan baru yang dianggap ‘mengancam’ posisi kerjanya.

“Pak Agung, kemungkinan posisi saya terancam dengan adanya karyawan baru ini.”

“Jelas terancam!”

“lho kok Pak Agung Malah berkata demikian?”

“Harus mulai sekarang, mau tidak mau, suka tidak suka keadaan ini harus disadari. Apabila selama duapuluh tahun ini anda tidak menyadarinya, mulai sekarang harus disadari.”

“Apa itu pak?”

“Potensi anda, keunikan anda dan kelebihan anda dibanding karyawan baru tersebut.”

“Jelas saya punya pengalaman kerja dua puluh tahun yang tidak dimiliki mereka.”

“Pengalaman itu harus ada bukti empiriknya dan harus bisa diaplikasikan secara nyata dilapangan. Bila itu ada dan bisa dibuktikan, anda adalah pemenangnya, bila tidak bisa dibuktikan, artinya anda hanya ‘berlindung’ dibalik kata-kata pengalaman dua puluh tahun, yang sebenarnya adalah pengalaman anda hanyalah dua tahun namun anda ulang-ulang selama delapan belas tahun!”

Saya akan memaparkan langkah-langkah sederhana namun luar biasa yang dapat memposisikan dan menjadikan anda sebagai seorang yang luar biasa dan unggul dibanding yang lainnya.

Bila anda menyadari bahwa sedang terjadi kompetisi potensi di pasar, lakukanlah langkah-langkah ini sebelum semuanya terlambat!

  1. Segera mungkin temukan keunggulan anda yang tidak dimiliki oleh pesaing-pesaing anda.
  2. Sesering mungkin lakukan pembentukan ‘image’ atau Branding tentang keunggulan tersebut. Bisa melalui tulisan, ide, penyampaian pendapat, atau forum-forum terkait.
  3. Posisikan diri anda sebagai seorang yang ahli dalam bidang anda tersebut, yaitu apa yang dibicarakan harus selaras dengan sikap anda, dan hasil yang anda dapat.
  4. Jangan hanya banyak bicara tanpa karya nyata! Lakukan sesuatu yang dapat dilihat, dirasakan dan didengar dampak positifnya.
  5. Jangan pernah berhenti untuk belajar

Jadi, mulai sekarang, ciptakan perubahan pada diri anda sendiri dan apapun yang akan mendekat kepada anda entah itu kemakmuran, kesejahteraan, keberlimpahan dan kebahagiaan akan hinggap pada kehidupan anda.

Salam Sukses!