PRAMUGARI ITU SARJANA S1 PSIKOLOGI

By | April 12, 2017

Setelah lulus sarjana S1 Psikologi, Ayu tidak juga mendapat pekerjaan. Ia menghabiskan waktu satu tahun untuk menyodorkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan dan hasilnya nihil. Karena ajakan seorang teman akhirnya Ayu diterima bekerja sebagai pramugari. Awalnya ia hanya ingin mengisi waktu sambil dapat jalan-jalan ke luar negeri. Namun, setelah menghabiskan masa kontraknya selama 2 tahun dan masuk dalam masa kontrak ke 2, ia baru sadar bahwa tujuan awal bukan mau menetap bekerja menjadi pramugari. Ia ingin bekerja menggunakan ijasah sarjana psikologinya. Ia bingung, akan kerja di mana?

Dalam kesempatan berbincang dengan Ayu, pertama saya sangat menyayangkan bahwa pada awal bekerja, kadang seseorang tidak mempunyai tujuan yang jelas. Padahal bekerja di manapun juga selama ia tahu ‘untuk apa bekerja’ maka ia dapat menyusun rencana langkah ke depan yang lebih luas lagi.

Dalam hal ini, Ayu menganggap bahwa pekerjaannya sebagai Pramugari merupakan ‘salah pekerjaan’ yang tidak ada hubungannya dengan strata ilmu yang dipelajarinya. Padahal apabila Ayu memahami ia dapat menggunakan ilmu psikologinya bukan untuk sekedar menjadi karyawan lagi nantinya.

Saya bertanya pada Ayu, “Nanti kalau ada kesempatan setelah masa kontrak ke 2 lalu kamu akan bekerja lagi sesuai dengan ijasah kamu?”

“Iya, supaya ilmu saya berguna.”

“Sekarang kamu sudah menghabiskan 2 tahun, dan nanti akan dijalani lagi 2 tahun. Bagi saya, apabila sudah bekerja selama 4 tahun dan kemudian keluar tapi kemudian bekeja lagi dan masih menjadi karyawan juga, itu namanya sia-sia.”

Ayu mengernyitkan keningnya dan berpikir bahwa memang benar ia telah menghabiskan waktu selama 4 tahun. Lalu apabila setelah itu ia bekerja kembali dan masih menjadi karyawan, artinya ia mengulangi lagi dari nol masa kerja dan tetap karyawan.

“Lalu apa yang dapat saya lakukan agar nanti bila saya berhenti tidak sekedar menjadi karyawan, namun dapat menjadi tenaga ahli? Atau  saya dapat menjadi KARYAWAN YANG SUKSES?”

Saya memberikan saran sederhana yang dapat ia bangun langkah-langkahnya dari awal agar ia menjadi tenaga profesional nantinya.

Psikologi dan dunia pelayanan dalam pramugari adalah dua hal yang sangat berkaitan. Konflik antar rekan kerja, konflik dengan atasan, konflik dengan penumpang, hubungan emosi antar rekan kerja atau penumpang adalah hal-hal yang sangat berkaitan dengan dunia psikologi.

Saya menyarankan kepada Ayu mulai dari awal untuk memperhatikan setiap bagian hubungan dan konflik tersebut. Kemudian ia tulis. Ia harus menulis tentang konflik dan cara menanganinya sesuai pengamalan nyata saat ia bekerja.

Menulis itu Mudah, saya menekankan itu pada Ayu. Dan ini harus dimulai dari awal sebagai karyawan agar dapat menjadi peningkatan performa dirinya. Paling tidak karyawan harus mengetahui alasan ia ingin sukses itu apa. Temukan Alasan Suksesmu!

Ketika orang seperti Ayu dari awal sudah mempunyai ‘papper’ penelitian nyata dampak psikologi di dunia kerja, baik antar rekan kerja maupun dengan penumpang dan lebih luas lagi ia juga menuliskan latar belakang dan cara mengatasinya, maka lambat laun Ayu akan mempunyai materi yang matang tentang penanganan masalah dunia kerja selama 4 tahun ia bekerja tesebut.

Dengan begitu nantinya Ayu dapat menawarkan keahliannya sebagai tenaga profesional untuk membina karyawan, untuk membimbing dan mengembalikan hubungan baik antar karyawan, atasan, perusahaan bahkan dengan klien.

Kemampuan yang sudah dipupuk sejak dini, sudah dimulai sejak awal bekerja (artinya tahu bekerja untuk apa) bahkan mulai dituliskan dari pengalaman nyata yang terjadi di dunia pekerjaan akan menjadi nilai tambah yang sangat positif sebagai pendukung keahlian yang dimiliki seseorang. Apalagi tulisan itu menjadi sebuah buku cetak yang dapat dibaca oleh masyarakat, tentu saja ‘branding’ keahlian si penulis akan semakin diakui di bidangnya.

Memulai sesuatu itu memang memerlukan keberanian, tekad, usaha yang gigih dan disiplin. Demikian juga dengan Ayu. Saya berharap apa yang saya sampaikan kepada Ayu juga dapat diterapkan oleh Anda semua pembaca setiap blog ini. Mulailah langkah dari awal untuk meningkatkan performa kerja dan keahlian Anda dengan cara yang cerdas dan tepat!