CARA AGAR DITERIMA SEBAGAI PRAMUGARI

Pramugari merupakan salah satu profesi yang diminati oleh remaja setelah lulus sekolah. Hal itu disebabkan karena dengan menjadi pramugari maka ia dapat menikmati tujuan wisata di banyak kota Indonesia, bahkan dunia. Tidak hanya itu, uang saku setiap bulan yang didapatkannya juga dapat mencapai 25 juta.

Bila yang diinginkan adalah bekerja sambil jalan-jalan, berkeliling kota di seluruh Indonesia bahkan dunia, dan mendapatkan penghasilan yang memuaskan atau bahkan melebihi standar gaji sarjana S1, maka pilihan menjadi Pramugari adalah sebuah pilihan yang tepat. Namun banyak yang salah strategi pada saat ujian dalam proses pendaftaran Pramugari ini.

Menjadi pramugari memang gampang-gampang susah. Ia bukan foto model, jadi tidak hanya tentang tampang cantik. Ia bukan peraga busana, jadi tidak hanya tentang postur badan yang bagus. Hal inilah yang banyak disalah pahami oleh para remaja bahwa menjadi pramugari harus cantik dan mempunyai postur badan yang bagus. Benarkah demikian?

Nah, bagi para remaja yang ingin menjadi Pramugari saya akan bagikan cara dahsyat yang jarang diketahui tentang kriteria apa yang dibutuhkan dalam profesi Pramugari tersebut. Kriteria ini saya dapatkan dari hasil investigasi saya dengan para penentu kebijakan kepegawaian dari salah satu maskapai nasional di Indonesia.

Apa Saja syarat-syarat menjadi Pramugari tersebut?

  1. Apakah Pramugari harus mempunyai muka yang cantik?

Jawab: Tidak. Yang dibutuhkan adalah berpenampilan menarik, enak dipandang dan murah senyum.

  1. Apakah Pramugari harus mempunyai postur tubuh yang bagus?

Jawab: Yang dibutuhkan adalah postur tubuh yang tidak mempunyai kelebihan berat badan, atau sesuai dengan berat badan ideal kesehatan yang dapat dihitung sesuai dengan ketentuan dokter, yaitu (Tinggi tubuh – 100) – (15% x (Tinggi tubuh – 100)).

  1. Apakah Pramugari harus dapat berdandan dan makeup dengan bagus?

Jawab: Datanglah dengan alami. Dandan alami dan makeup sederhana. Karena dalam pendidikan Pramugari nantinya akan diberikan tata cara dandan dan makeup yang merupakan standar perusahaan penerbangan.

  1. Pakaian apa yang harus digunakan pada saat tes Pramugari?

Jawab: Gunakan Pakaian formal biasa. Bukan pakaian pesta dan tidak menggunakan rok diatas lutut. Namun perlihatkan bagian tangan dan kaki sebatas untuk mengetahui bahwa calon pendaftar tidak mempunyai cacat pada bagian tersebut.

  1. Apakah Pramugari harus pintar?

Jawab: Pramugari tidak harus pintar. Yang diutamakan adalah berwawasan luas dan senang berkomunikasi serta mau belajar untuk mengembangkan dirinya.

  1. Biasanya akan ditanya tujuan ingin menjadi Pramugari. Untuk ini jawablah bahwa dengan menjadi pramugari akan dapat mengenalkan budaya Indonesia dan pariwisata Indonesia ke seluruh dunia.
  2. Pada saat berkomunikasi di sesi wawancara, berlaku jujur dan tidak dibuat-buat baik dalam intonasi suara dan cara bekomunikasi.
  3. Perusahaan penerbangan akan mencari calon Pramugari yang terlihat mudah dibentuk sesuai dengan kriteria penampilan perusahaan. Jadi tampil apa adanya, tidak berlebihan dan tidak menunjukkan bahwa anda adalah seseorang yang sudah tahu segalanya tentang penampilan.

Nah, inilah 8 cara  bagaimana menghadapi proses pendaftaran menjadi Pramugari. Dengan modal mengetahui dan mempraktekkan 8 cara ini maka kesempatan untuk mewujudkan impian menjadi Pramugari akan mudah terwujud. Jangan lupa untuk selalu mengembangkan wawasan dan menjadi mudah bergaul serta berkomunikasi dengan siapa saja.

 

Selamat menempuh karir pramugari!